5 Perhatian Utama saat Blogwalking

Assalamualaikum,

Selamat Hari Blogger Nasional!

Bertepatan dengan tanggal 27 Oktober ini, Mamo mau nulis hal-hal yang berbau blog tepatnya blogwalking biar euforia hari blogger makin terasa.


Siapa sih yang nggak suka blogwalking? Kalau Mamo seneng banget karena selain nambah trafik karena bakal dikunjungi balik, blogwalking ampuh banget untuk menambah relasi. Dari blogwalking, Mamo dapet banyak teman blogger yang ramah plus nggak pelit berbagi ilmu (nemu jodoh belum).

Dalam blogwalking, ada beberapa hal yang jadi perhatian utama Mamo. Nggak jarang, kalau satu dari lima perhatian utama ini jauh dari ekspetasi, Mamo akan langsung klik tanda silang di tab tersebut.

--------

1. Template

Hal pertama kali yang Mamo perhatikan adalah template. Biasanya Mamo lebih suka dengan blog yang templatenya simple dengan dominasi hitam putih. Tulisan san-serif atau serif tidak apa-apa asalkan mudah dibaca dan warnanya sesuai dengan background. Nggak hanya untuk blogwalking, aturan template simpel ini juga berlaku saat Mamo nyari tugas. Kalau menemukan template dengan background hitam dan tulisan putih, Mamo langsung akan close tab. Sakit mata cyin!

2. Laman Tentang Penulis / Page About

Mungkin untuk beberapa orang, termasuk Mamo dulu lebih suka hanya menulis singkat perihal bio dan lebih banyak mengisinya dengan quote. Tapi sekarang, setiap blogwalking dan setelah memperhatikan templatenya dan tertarik, Mamo akan langsung menekan laman tentang/ Page About. Penasaran siapa sih orang dibalik blog yang cantik, simple, nan elegan tersebut.

3. Gambar dalam Postingan

Mamo pribadi sangat mengusahakan untuk tidak menulis tanpa gambar. Kalaupun harus, mungkin hanya untuk tulisan singkat atau puisi. Tanpa gambar tulisan itu terlihat hambar sekali, bagi Mamo. Makanya kalau blogwalking, Mamo selalu melihat gambar dari postingan-postingan si blog tersebut, untuk sekedar cuci mata ataupun mencari inspirasi. Jujur, kagum sama blogger-blogger yang seimbang bakat menulis (bercerita) dan bakat memotretnya, macam Mbak Ghea, Kak Desty, dan blogger-blogger kece lainnya (khususnya anggota Blogger Perempuan)

4. Tombol Follow

Bagi sebagian orang mungkin bagian ini kurang penting. Yang penting sudah blogwalking, yasudah mau apalagi? Beda banget sama Mamo, Mamo sangat butuh tombol follow ini huhuhu. Daridulu hobi Mamo memang blogwalking, cuman baru-baru ini aja senang meninggalkan jejak di kolom komentar. Kalau sudah menemukan blog bagus dan ada tombol follownya aduh senengnya luar biasa karena daftar bacaan nambah lagi. Sebaliknya, sedih banget kalau menemukan blog kece tapi tidak ada tombol follownya atau harus menggunakan subscribe di email. Kalau saya pribadi, itu kurang efektif. Saya jarang banget baca postingan blog dari pemberitahuan email.

5. Contact

Pernah merasa suka sekali dengan blog seseorang mulai dari template sama postingannya dan ingin follow di instagram tapi nggak bisa? duh kesel ya. Rasanya perasaan mengidolakannya jadi kurang paripurna hahaha 

Pokoknya untuk senpai-senpai master blogger, tolong itu blognya diberikan tombol follow dan .contact ke instagram/twitter biar kami-kami ini bisa follow. Karena kadang membaca postingan yang diterbitkan sekali dalam beberapa sehari itu kurang cukup, kami butuh asupan setiap hari wqwq

Itu menurut versi Mamo. Semoga bermanfaat dan kamu langsung semangat mengubah blogmu secara perlahan-perlahan menjadi lebih baik biar Mamo makin betah kalau blogwalking. Ini noted ke diri sendiri juga sih, hehe.

Salam Blogger!
Wassalamualaikum.

Share:

26 comments

  1. Aku juga lebih suka postingan banyak gambarnya.. mata suka sepet kalau liat postingan tulisan semua. Tapi ada beberapa blogger yang bisa nulis lebih dari 1000 kata tanpa gambar dan tetep enak dibaca lho..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya keburu bosen ya mbak hahaha

      salut banget sama yang udah pro nulis gitu ngga bikin bosen walaupun panjang-panjang. pingin belajar jdnya :"D

      Delete
  2. Selamat hari blogger nasional dan selamat hari sumpah pemuda. Setuju juga kalau misalkan ada salah satu blogger kece dari segi penulisan dan templatenya udah enak di pandang dan dibaca mau follow eh malah menggunakan via email aja haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat hari blogger nasional juga zee! ;)

      iya kannn? pingin aku chat minta pasang tombol follow juga rasanya wkwk. tapi mungkin ada maksud tertentu dari mbak/masnya

      Delete
  3. setuju semuanya mbak. saya juga lebih suka follow daripada subscribe, hehe.. duh, saya masih harus banyak belajar nih, banyak banget kurangnya. makasih infonya mbak, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener kan? rasanya males aja mau buka postingan dari email :") semangat mengidolai perlhan jd menurun :D

      Delete
  4. Selamat hari Blogger ya Ema! Aku suka banget sama template-mu ini karena "kuota friendly" sih xD Nggak ribet dan loadingnya cepet. Pengen ganti juga yang temanya hitam putih tapi belum nemu yg sreg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin minusnya di header ya? aku nggak bisa buat header soalnya hehe
      tapi mungkin itu juga yang buat quota friendly :D

      semoga cepet ketemu yang sreg yahhhh (macem nyari jodoh)

      Delete
  5. Kalo bw ke blog yang udah kece saya mendadak jadi ciut diri. Pas bw ke blognya blogger yang termasuk lama, tapi template masih biasa, bahkan ada juga blogger yang sering menang lomba blog tapi blognya belum TLD, saya yang blognya masih sederhana walgratisan ini jadi sedikit termotivasi.

    Tapi ya...sampai detik ini, masih jalan nyantai sih :D bw ya sekadar nambah silaturahim dan baca artikel2 bagus dari para blogger kece. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mba apalagi yang ngeblognya baru terus melejit gitu tampilan blognya, keliatanya "niatnya" bikin saya jadi minder yang nggak maju2 inih tapi bener juga sekaligus bikin termotivasi hihihi

      yaps bener mba, tujuan utama bw memang seharusnya silaturahim dan baca2 artikel utk nambah ilmu heheh

      Delete
  6. Setuju, Mbak. Kalau template yg background hitam itu bikin mata pegel.


    Postingan yg gak ada gambar, seperti masakan tanpa bumum ya? Heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. selain bikin mata pegel, bikin hati jengkel juga mba hahaha

      bener banget, kyk ada yang kurang aja gitu...kurang berasa :)

      Delete
  7. Replies
    1. aku juga paling doyan template mba hehehe

      Delete
  8. kriteria 1-5 sudah aku penuhi belum ya, menurut kamu? Hehe.. Tapi emang masih ada ya yang pake templates hitam tulisan putih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya ampun di notice senpai hehehe terimakasih udah mampir mbaaaa :*

      Mba Vita jangan ditanyaaaa, blognya udah super duper keceh gitu huhuhu
      masih mbak blog-blog yang isinya copy paste tugas ituhhh hahaha *ketauan sering liat jawaban tugas di internet*

      Delete
  9. Sama banget, saya juga memperhatikan 5 hal itu kalau blogwalking. Terutama tampilan blog, kalau layoutnya heboh, warnanya ngejereng bgt ,, udah deh, langsung tutup aja. Dan emang sebaiknya template itu simpel aja nanti isinya aja dibuat menarik baik itu tulisan maupun foto-fotonya.

    Salam kenal yah,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah aku kira aku aja hahaha, aku banget tuh kalo udah ngejreng templatenya boro-boro mau kmen, baca aja kyk males gitu. segitunya berpengaruh template buat aku hehe ga mesti kece sih asalkan bikin nyaman, dan sederhana bikin betah :)

      salam kenal kembali :)

      Delete
  10. Duh, iya banget itu yang template, it's a major turn off. Kadang suka heran sm yg punya blog tp pasang template yg background item & tulisan putih, gapernah baca tulisannya yg udh diterbitin kali ya jd gatau pedihnya kita sbg pembaca :"""""

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha bener banget, ya iya kali ga ngetest dulu baca gitu kan ya sebelum di posting. atau ya balik ke selera, mungkin nyamannya dia gituh tapi ya......pokoknya sedih deh sama yang backgroundnya item tulisan putih :D

      Delete
  11. ihh ini emesh banget postingannya. Saya juga termasuk yang suka merhatiin template. Kadang kalo tulisannya bagus tapi templatesnya bikin males saya suka mlipirrrr.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi apalagi yang backgroundnya item tulisannya warna warni ya mbak :"D

      Delete
  12. makasih infonya ya kak, sangat membantu untuk menaikan pengunjung jualan saya www.jaketmurahbandung.com

    ReplyDelete
  13. Wah informasinya menarik banget kak. Aku langsung cek blog aku nih haha

    lindadevip.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  14. boleh di terapkan pada blog saya nih tipsnya,, terutama tentang penulis yang jarang sekali ditampilkan padahal ini sangat penting ya supaya pembaca lebih percaya sosok gila dari blog kita,,hi hi hi

    ReplyDelete
  15. sangat, sangat, sangat bermanfaat bagi saya kak untuk naikin traffic web jualan saya kak www.jaketcustom.id

    ReplyDelete