Penipu di Malam Minggu

by - 12:20:00 am


Assalamualaikum,

Puji syukur pada Allah SWT. Kejadiannya sekitar dua puluh menit yang lalu, dan masih saya fikirkan sampai saat ini.

Bermula dariibuk saya yang mendapat telpon dari orang yang ngaku-mengakunya dari pusat (Jakarta), katanya ibuk dapat hadiah. Tapi anehnya nomor orang ini bukan nomor kantor, dan ibuk juga nggak pernah ikut undian/kuis/promo dalam acara apapun sebelumya.

Ibuk sempat mematikan telponnya dan ternyata orang itu terus menerus menelpon kembali berulang-ulang, akhirnya ibuk menyerahkan HPnya pada saya lalu saya yang ngobrol dengan orang aneh tersebut. Kepala saya sedikit panas dan rasanya ingin mencaci orang tersebut ketika melihat nomornya dan mengaku sebagai orang pusat. Berikut percakapan saya dengannya,

OA : Orang Aneh
S: Saya

OA: "Ibuk kenapa hpnya dimatiin? halo halo?"
S: "iya, halo?" sambut saya setengah berteriak.
OA: "ibuk hpnya jangan di matiin ya"
S: "ya tunggu bntar" sahut saya mengaktifkan speaker
OA: "halo?"
S: "ya ya"
OA: "jangan dimatikan dulu bu, ibu ini menang. Ibu sudah baca ada sms dari uangku? Itu ibu pergi ke atm sekarang telponnya jangan sampai putus, masukan kode verifikasi uangku itu ke atm ibuk. Nanti hubungi lagi kalo udah sampai ya, jangan dimatikan teleponnya."
S: iya iya ini saya sudah sampai"
OA: "halo bu suaranya putus-putus"
S : "iya ini saya sudah sampai"OA :"ini siapa ya?"
S"yok, sai jak anta hah?" (artinya: loh siapa sih kamu hah?)
OAastagfirullah bu, ini bener bu."


tuttttt sambungan telponnya lalu saya matikan.


Entah apa yang telah orang itu katakan pada ibuk saya sebelumnya. Ibu saya sampai terlihat sangat percaya dan agak sedikit marah ketika saya mematikan telepon. "heh, itu orang pusat katanya kita dapat hadiah," kata beliau.
YaAllah bu, kalo emang itu orang pusat mestinya nelpon pake nomor kantor dan nggak semalem ini. Lagian kalo emang menang terus dapat hadiah, ibuk dikasi siapa? kan ibuk ngga pernah dapet hadiah. Ibuk itu mau dihipnotis, itu tadi ibuk disuruh ke atm masukin kode ke atm ibuk padahal nanti uangnya ke dia bukan ke ibuk.

Setengah tersadar ibuk lalu berujar "astagfirullah, yasudah matikan dah hp ibuk kalo gitu"

Entah siapa orang itu, dan kenapa masih ada modus seperti itu di tahun 2016 ini. Saya masih takut dia menelpon besok, dan ibuk saya mau mau aja ngikutin kemauannya. Karena terus menerus kefikiran, akhirnya saya mencari di google, apasih uangku itu? karena orang tersebut mengaku dari kantor Uangku. Ternyata Uangku itu aplikasi dari smartfren, dan saya liat websitenya tidak begitu update. Semakin curigalah saya. Dan terakhir sebelum menulis postingan ini, saya menyempatkan diri untuk mengirim email pada pihak Uangku untuk mengkonfirmasi kebenaran dan keresmian telepon tadi.

Apa pernah ada yang mengalami kejadian yang sama?

You May Also Like

7 comments

  1. Keliatan banget Ma, tulisanmu "gopoh" banget 😬 Belum diedit ya? Ada beberapa kalimat yang sasaknesia bgt hehe "yok sae jak anta hah? 😂😂😂 anjir ngakak hahaha

    ReplyDelete
  2. Uangku tidak pernah ada begituan mo, sepanjang saya memakai smartfren sampai saat ini tidak ada undian seperti itu mo.

    ReplyDelete
  3. sering suka sebel sama modus modus penipuan begitu

    ReplyDelete
  4. Tadi gue abis kena modus kaya gitu. Tapi yang nelfon goblok

    ReplyDelete
  5. Barusan kena modus yg Sama,aku matiin Aja....

    ReplyDelete
  6. Baru kemarin kena modus itu jg. Dia minta verifikasi kode uangku, trus gw sebut aj, baru angka pertama langsung matiin. Jd d kira putus hubungan. Eh dia lngsung nlp balik. Gw blaclist aj trus lapor ke telkomael dan sms ke 1166

    ReplyDelete
  7. Saya baruuuuuu saja 10 menit yang lalu mendapat pengalaman serupa,melen ku gorok bar dengan nuk. Modusnya gini mbak,dia daftar my xl dengan nmr kita,dan meminta nmr sandi dngan cara menelpon,sebelum sadar kita akan diminta untuk mengisi pulsa 100rb. Lah itu pulsa mau dia ambil lewat my xl yang sudah dia minta sandinya tadi. Di akhir obrolan dia ngomel-ngomel,trus ttuuuuuuuuttt obrolan diputus.

    ReplyDelete