Tips & Trik Liburan di Lombok

by - 9:30:00 pm


Assalamualaikum,

Setelah posting tentang pengalaman jalan-jalan di Lombok terus-menerus, sekarang waktunya untuk berbagi tips. Tips dan trik ini juga untuk menjawab beberapa pertanyaan, seperti "apa liburan di Lombok nggak mahal?" "enaknya pergi kapan?" "apa aja yang perlu dibawa?" dan pertanyaan sejenis lainnya.

Sebenarnya liburan di Lombok itu nggak mahal. Saya pribadi setiap pergi selalu habis lima puluh ribu, itu untuk isi bensin dua puluh ribu dan sisanya makan serta biaya masuk ke tempat wisatanya. Lain cerita kalo bawa bekal, bisa lebih hemat lagi penggeluaran saya. 

Bawalah bekal 
Yaps! Kalau kamu liburan di Lombok, saya sarankan kamu bawa bekal tiap berpergian ke tempat wisata baik air terjun, pantai, atau taman wisata. Selain hemat, kendala mencari tempat menjual makanan juga menjadi alasan kenapa kamu harus membawa bekal. Beberapa pantai memang ada pedagangnya, tapi harganya suka nggak kira-kira dan jarang juga yang menyediakan nasi, kecuali cafe/restoran hotel pinggir pantai.

Siapkan sunblock, topi, dan sunglasses
Lombok itu terkenal panas, summer island kalau bahasa gaulnya. Kalau kata teman saya yang anak Jakarta "disini tuh berasa matahari ada lima". Jadi sangat wajib untuk kamu membawa dan menggunakan sunblock, topi, dan sunglasses kalau liburan di sini. Sayang kulit supaya tetap cantik dan sehat, sekalian bisa jadi properti untuk berfoto supaya semakin kece.

Berangkat dibawah jam 10 pagi
Sebagai seorang traveller yang selalu menggunakan motor, saya sarankan untuk berangkat dibawah jam 10 pagi agar tidak terpapar panas matahari di jalan dan sampai segera di tempat tujuan. Jam sepuluh itu matahari sudah terik, jadi kita harus dateng lebih awal supaya bisa menikmati pantai yang lebih sejuk dan mendapatkan suasana yang dapat membangkitkan mood. Apalagi untuk berfoto-foto, dibawah jam 10 itu pas banget pencahayaannya bikin foto kelihatan lebih apik. Untuk kamu yang dari luar kota, penyewaan motor di Mataram itu sudah banyak dan harganya pun murah berkisar 60-70ribu per hari, jadi jangan risau. okay?

Pastikan tau jalan atau gunakan maps
Ini nih yang perlu banget diperhatikan. Saya hidup sudah jalan dua puluh tahun di pulau ini, tapi selalu nyasar kalau berpergian ke pantai. Sampai yang paling lucunya beberapa waktu lalu saat saya ke Selong Belanak terjadi hal yang "yaampun banget". 

Jadi untuk ke Selong Belanak itu ada dua jalan, melewati jalan setelah BIL atau sebelum BIL. Seorang teman saya tiba-tiba sudah tidak ada di rombongan saat di perjalanan, lalu kami berhenti di pinggir jalan. Teman yang satunya menelpon teman saya yang hilang itu dan menyerahkan handphonenya pada saya untuk bicara. Lama berdebat meminta arah dimana dia sekarang, saya jadi semakin bingung karena saya dan teman-teman memang kurang tau nama-nama tempat daerah sana. Bukannya masalah terpecahkan tapi malah pulsa habis. Sampai teman saya yang hilang dari rombongan ini bilang "yaudah saya send location, kamu cek hp ya"

"yaampun, terus kenapa kita mesti debat sampe abisin pulsa? tau gitu dari tadi aja kirim lokasi kamu" omel saya seraya mematikan telepon.

Teknologi semakin maju, tapi saya rasanya kudet banget. Di Lombok itu jaringan internetnya kencang walaupun di desa-desa, tinggal kitanya saja yang menyiapkan pulsa atau paket data. Nggak perlu takut, di manapun kita berada kita bisa beli pulsa kok. Bahkan 24 jam sehari, dan bayarnya pun nggak ribet. Kita bisa beli voucher pulsa online di Tokopedia untuk persiapan liburan supaya bisa akses google maps, update, dan sharing foto-foto kita di social media dengan lancar.

Liburan itu akan selalu jadi seru kalau kita tau tips dan triknya! Tapi ingat, Jangan mau ke Lombok, Nanti nggak mau pulang :p

Wassalamualaikum.

You May Also Like

2 comments

  1. Bawa temen sama kamera plust tongsis juga sis, biar lebih greget

    ReplyDelete