Karma di Gili Meno

Assalamualaikum,

Gili Meno - merupakan salah satu dari tiga gili yang berjajar di barat laut Pulau Lombok dan merupakan yang paling sepi. Dihuni sekitar 400 orang tanpa ada polusi dari kendaraan, penggunaan listrik yang terbatas, dan kekayaan alam yang beragam membuat pulau ini memang pantas mendapatkan predikat pantai terbaik di Indonesia versi situs perjalanan TripAdvisor. 
Baca Juga: Keramahan Warga Gili Meno
Warna lautnya jangan ditanya lagi, bagus luarbiasa. Di perjalanan saya ke Meno kemarin, saat perahu belum sepenuhnya bersandar ada satu penumpang yang langsung nyebur ke pantai dan berenang untuk menuju ke tepian. Berbahaya memang, dan entah apa motifnya. Tapi saya rasa dia sudah nggak tahan karena godaan warna air laut yang tosca kebiru-biruan.

Cuaca menjadi mendung setiba kami di Meno, dan tidak memungkinkan untuk menjadikan Danau sebagai destinasi pertama. Akhirnya sepakat kami menyusuri jalan Meno dan duduk di pinggir Pantai Karma. Pantai Karma atau Karma Beach berada tidak jauh dari pelabuhan utama.


Sepanjang jalan setapak menuju Karma Beach banyak berdiri semacam gazebo milik hotel yang instagram-able. Nggak lupa kami foto-foto dulu sebelum foto itu dilarang. Tapi tenang saja karena di Meno, lebih tepatnya Gili nggak ada yang akan marah-marah kalau kita hanya sekedar melewati atau duduk di area pantai depan hotel mereka.



Sejujurnya niat awal kami adalah ke pantai yang ada penyu-penyunya. Tapi setengah berjalanan, iman kami terguncang melihat pantai yang menggoda dengan cantiknya. Langsung saja langkah kaki kami berbelok ke arah Karma Beach dan menggelar kain pantai, membuka bekal yang kami bawa dari rumah lalu menyiapkan properti foto. 




Nggak butuh waktu lama untuk kami menghabiskan memori card kamera milik Nindy. Cewek, mana cukup foto sekali coba? sampai-sampai Gilang berceloteh "kamu mau buat komik strip ya? satu pose gini aja fotonya puluhan", katanya saat melihat galeri kamera Nindy. hahaha ya habis gimana, kalau saya ini ibaratnya seperti sedang melihat diskon 50% di Mall.

Ke Meno adalah trip "terniat" saya. Dengan keteguhan harus mandi di pantai, saya membawa dua tas. Satu tas besar berisi mukena, baju ganti, bekal, dan perlengkapan wanita lainnya. Satu lagi berupa tas kecil yang berisi kacamata silinder saya, dompet, dan HP.

Selesai makan bekal alias sarapan, kami langsung menuju ke pantai untuk mandi. Saat beranjak tiba-tiba bule di sebelah ngomong "are you made this?" lah kita bengong buat apa yang dia maksud. Dia nunjuk sesuatu tapi kami nggak tahu itu apa.


Ternyata yang dimaksud si Mbak bule adalah susunan kerang yang dibentuk menjadi love dengan penyu di atasnya. Asli cantik banget. Salut sama yang membuatnya!

Selesai berurusan dengan si mbak bule, kami langsung nyebur. Nggak semua sih, Naya yang jadi buronan matahari alias takut banget sama panas lebih milih buat jaga tas. Pun dengan Febby dan Fany yang lagi halangan.

Mendekati laut saya melihat Gilang main air dengan seorang bule yang umurnya sekitar 10-11 tahun. Setelah wawancara, ternyata Adik bule itu orang Denmark dan nggak bisa bahasa inggris. Jadi sepanjang main bareng kami hanya menggunakan bahasa isyarat. 

"Saya tiduran di pinggir pake bantal yang saya buat dari pasir, terus dia tiduran di samping saya ikut-ikutan buat bantal dari pasir juga", kata Gilang waktu saya tanya kok bisa jadi akrab.



Baju dan celana saya basah, tapi saya nggak berani main air sampai menceburkan diri ke laut. Ombak saat itu sedang pasang. Saya lebih memilih untuk menjadi fotografer mereka yang lagi bermain saja, demi keselamatan saya (halah bilang aja penakut).


Karma bener-bener ngasi karma: bikin kita nggak mau pulang dan mau lama-lama di Gili Meno. Diantara perjalanan ke dua gili lainnya yang berada di kiri dan kanan Meno, saya paling suka laut Meno. Meski hanya setengah hari dan hanya main ke sedikit tempat di Meno tapi rasanya berkualitas sekali karena batin benar-benar dimanjakan dengan keindahan alamnya.

Pokoknya jangan ke Lombok! Nanti nggak mau pulang!

Wassalamualaikum.

Share:

11 comments

  1. Lah kita bengong buat apa yang dia maksud. Kalimatmu yg itu lomboknesia banget sih, Ma hehe.

    Eh btw, udah adsense ya! Semangat ngeblognya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. orang Lombok harus keliatan logatnya lewat tulisan wkwkwkwk

      iya Alhamdulillah pelan-pelan mengikuti jejakmu, suhu

      Delete
  2. panntaaai >.<
    aku udah lama ngga kepanai, liat postingan ini jadi pengen kesana bangett hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo ke Lombok kakkkkk, pasti langsung terpuaskan :D

      Delete
  3. Aku punya temen kuliah asli Mataram, dan meski baru kenal rasanya maksa banget mau dibawa ke segala gili di Lombok :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin efek program pemerintah "pesona lombok sumbawa" jadi promosinya gencar banget ya wkwkw

      tapi dijamin sih bikin nggak mau pulang kalau udh ke Lombok. ayo ke Lombok sekalian kita meet up :p

      Delete
  4. belum berani ngarep ke lombok, karena 2x udah planning ke lombok ga taunya keduluan hamil 😂

    ReplyDelete
  5. Waw! Gili Meno udah cantik kayak gitu sekarang. Gimana penampilannya Gili Trawangan ya? Makin rame dunk!? >.<

    ReplyDelete
  6. This post gave me massive wanderlust! Dari dulu ingin sekali jelajahi Lombok tapi belum kesampean. Soon! Haha xD By the way, nice to meet you, Ema! Keep writing and inspiring others! :)

    Cheers,
    Those two places are my favourite when it comes to shopping!!! They're also super picturesque I just can't just walk there and not taking any pictures! By the way nice to meet you, Ann! You wrote really well! :)

    Cheers,
    http://cnovreica.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  7. This post gave me massive wanderlust! Dari dulu ingin sekali jelajahi Lombok tapi belum kesampean. Soon! Haha xD By the way, nice to meet you, Ema! Keep writing and inspiring others! :)

    Cheers,
    Those two places are my favourite when it comes to shopping!!! They're also super picturesque I just can't just walk there and not taking any pictures! By the way nice to meet you, Ann! You wrote really well! :)

    Cheers,
    http://cnovreica.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oops, This comment is pretty messed up (my internet connection, probably).

      This post gave me massive wanderlust! Dari dulu ingin sekali jelajahi Lombok tapi belum kesampean. Soon! Haha xD By the way, nice to meet you, Ema! Keep writing and inspiring others! :)

      Cheers,
      http://cnovreica.blogspot.co.id

      Delete