Perempuan Sasak & Tenun [Desa Sade, Lombok]

Assalamualaikum,

di hari Valentine lalu, maksudnya 14 Februari Wita kedatangan tamu dari Jogja yaitu temen kampusnya yang traveling bareng Mas Pacar. Kebetulan sehari sebelumnya saya lagi di rumah Wita, abis nganterin Mamade pesenannya dia terus seperti biasa nggak pulang langsung alias lenyeh-lenyeh dulu di kamarnya. Dia keliatan sibuk banget main hp dan cerita kalau temennya mau ke Lombok, sekalian abis dari Bali mumpung deket dan ada tiket promo, katanya.

"Dia minta ditemenin jalan?" saya nanya Wita dengan polosnya. 
"Iyalah, Nyet" kata Wita nyolot hahaha. 
"Ikut dong, ta temenin. Tapi temenmu nggak papa?"
"Ayo! biar ada lah temen saya, biar ngga jadi obat nyamuk. Nggak papa kok mereka, ntar saya kenalin biar kamu jadi tour guide juga, kan lebih paham ntar kalau ngomong bahasa daerah sama orang di daerah pariwisatanya"
"okedeh besok chat aja kalo mau jemput", kata saya sepakat.

Awalanya kami berniat ngajak mereka ke Gili Trawangan, biar sekalian di satu tempat muter-muternya. Kan saya juga belum pernah ke Gili Trawangan begitupun Wita jadi rencananya sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui gitu. Tapi ternyata dua tamu kita harus pulang sore harinya langsung, sekitar jam 4. Jadi saya ngusul kalo kita ke daerah wisata di Lombok Tengah aja: Desa Wisata Sade - Pantai Seger - Tanjung Ann - Bukit Merese. Semuanya sejalan dengan arah Bandara International Lombok, jadi nggak akan takut diburu waktu.

Pagi hari sekitar jam 8 saya masih mager, dan Wita bilang sudah otw mau jemput tanpa basa-basi a i u e o sebelumnya. Saya langsung mandi secepat kilat, karena dalam waktu 10 menit dia pasti sudah mejeng depan gang (karena di Lombok kemana-mana nggak ada macet, dan jarak satu tempat ke tempat lainnya berdekatan). Bener aja dia WhatsApp 10 menit kemudian, dan saya langsung lari nyamperin dengan tas penuh lipstik, bedak, parfum, berharap bisa dandan di mobil. Sekitar 20 menit kita sudah sampai di hotel untuk jemput teman Wita dan Mas Pacarnya. Perjalanan dimulai dari pagi karena takut waktunya mepet dan buru-buru ke bandara nanti, jadi lebih baik kita perginya lebih pagi.
Selese semuanya, kita langsung caw ke beberapa destinasi dan yang pertama ialah:


teman Wita dan si Mas Pacar

Yap! Desa sade menjadi pilihan tujuan pertama kita. Desa atau Dusun Sade adalah sebuah desa yang masih memegang teguh adat & tradisi Lombok. Lokasinya berada di Rambitan, Lombok Tengah sekitar 30 menit berkendara dari Lombok International Airpot (BIL). Letak yang strategis dekat dengan bandara, dan satu jalur dengan arah Pantai Mandalika, Ann, dan Bukit Merese membuat kami menentukan tempat ini sebagai destinasi pertama kami di pagi itu.

Desa Sade sudah berkembang menjadi lebih baik semenjak pertama kali saya mengunjunginya (tahun 2011 silam) bersama rombongan tour perpisahan SMP. Salah satu perubahannya ialah sambutan yang begitu hangat semenjak kami turun mobil, entah mungkin sudah ada sejak lama dan saya nggak ngeh, atau memang baru ada setelah pemerintah mendukungnya sebagai Desa Wisata. Seorang guide lokal pun menemani kami (yang saya lupa namanya), beliau benar-benar melaksanakan tugasnya sebagai guide: memberi kami sambutan, mempersilahkan kami, dan menjelaskan sedetail-detailnya. Saya rasa beliau sudah berpengalaman, terlihat dari pembawaan dan service-nya kepada kami. Jadi kamu jangan khawatir kalau berkunjung ke Desa Sade karena sudah ada banyak guide yang siap menemani dengan tips yang tidak ditentukan, alias seikhlasnya.


Di dalam Desa Sade kamu akan menemukan aktivitas-aktivitas yang  "Suku Sasak" banget, mulai dari memintal benang, membuat tenunan motif Lombok, membuat kerajinan, dan lainnya. Perempuan Suku Sasak zaman dulu harus bisa membuat tenunan, konon katanya untuk bisa menikah setiap wanita harus menyelesaikan tenunannya terlebih dahulu. Perempuan Sasak juga boleh memiliki pacar lebih dari satu, karena sebenarnya tidak ada istilah pacar hanya teman dekat saja (ceilah), jadi siapa yang melamar duluan itulah pacar sesungguhnya. Cara melamarnya pun unik, yaitu dengan kawin lari. Perempan di Desa Sade yang belum menikah di usia 18 tahun keatas itu dianggap perawan tua. Waktu dijelasin itu saya langsung ketawa kecil dan liat-liatan dengan Wita, Bapak Guidenya langsung nyeletuk "Mba-mba kalau tinggal disini pasti udah nikah, apalagi cantik-cantik begini" Ma sha Allah skripsipun aku belum Mas, kata saya mbatin hahaha  


Proses pembuatan kain tenun dimulai dari memintal benang dari kapas, kemudian disesek (ditenun) dan terbentuklah kain. Satu kain membutuhkan proses yang lama bisa berbulan-bulan tergantung tingkat kesulitannya. Kain Lombok banyak motifnya seperti rang-rang dan beberapa motif seperti foto di atas. Saat Dian Pelangi pergi ke Culture Fashion Week, NY bersama Barli Asmara dan Zaskia Sungkar,  mereka juga membawa kain khas Lombok seperti motif-motif diatas. Bangga rasanya.

Kalau kalian tertarik memilikinya, kain-kain ini bisa kalian dapetin sepinter-pinternya kalian nawar harga. Kemarin saya naksir berat sama yang warna pink, itu harganya 75ribu ukurannya kyk pashmina gitu. Range harga kain rata-rata 50ribu - 300ribu.

Masjid Desa Sade

Rumah-rumah di Desa Sade juga masih mepertahankan tradisi semenjak dulu, untuk mengepelnya digunakan kotoran kerbau. Kami sempat memasuki salah satu rumah, rumah-rumah  di Desa Sade lantainya masih dari tanah atau semen saja, dan dindingnya pagar anyaman. Desainnya unik: pintunya pendek yang membuat kita harus membungkuk untuk masuk, ada tangga kecil untuk naik ke kamar wanita dan di dekatnya ada dapur dengan tungku kayu. Keadaan di dalam gelap, jadi tidak bisa kami foto.

Ada satu tempat yang belum kami kunjungi yaitu masjid Desa Sade, dari atas keliatannya bagus gitu terbuat dari kayu kuat yang menahan pondasinya serta tembok dari pagar anyaman dengan lantai yag terlihat begitu bersih dan nyaman. Tapi karena kita harus mengejar waktu, akhirnya kita hanya lewat dan lanjut foto di pelantaran depan Desa Sade yang cukup luas. 



Selesai berfoto, dan berterimakasih serta memberi tips kepada guide, kita langsung meluncur ke destinasinasi kedua.


See you!
Wassalamualaikum.

Share:

12 comments

  1. Wah aku suka sekali sama kain-kain yang ada di gambar ini <3<3

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya lucuk banget, Kak Wida kalo pake ini pasti kyutttt :3
      kondangan-able kainnya haha

      Delete
  2. Replies
    1. iya kak bikin gemes dan minta dibawa pulang hahaha ngga salah Mba Dian Pelangi milih kain Lombok hihi

      Delete
  3. Aku belum pernah ke Lombok sih, tapi pernah nonton series-nya MBDC yang Jalan-Jalan Men. Katanya kawin larinya tuh diculik ya dan mereka harus sembunyi di tempat sepi gitu. Unik banget ya XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mereka diculik gitu, tapi nggak sembunyi ditempat sepi sih hehe biasanya setelah diculik, cewenya nanti dibawa ke rumah kerabat mempelai lelaki baru setelah itu kabar2in keluarga untuk ngelakuin proses selanjutnya yang puanjang banget. Konon adat menculik itu sebagai rasa apresiasi dan menghargai sang lelaki kepada orang tua si perempuan. Sakral dan panjang bange prosesnya :'D

      Delete
  4. Lombok, wishlist travel saya yang belum kesampaian. Kayaknya seru banget bisa liat kreasi tenunnya langsung, mudah - mudahan secepat bisa kesana :)

    ReplyDelete
  5. Satu-satunya yang kuinget dari Desa Sade adalah lantai rumahnya dari tahi sapi.

    Udah. :')

    ReplyDelete
  6. Aaah :D Lombok unik juga ya :D itu kain-kainnya enak banget dipandang mata :D baguuuuus :D hihihihi

    ReplyDelete
  7. gue udah suka banget baca cerita ini, tapi pas ada skripsi rasanya entah kenapa gue lupa mau ngomen apaan tadi... Sial -____-

    ReplyDelete
  8. Kami Jasa Pembuatan Ijazah Profesional .
    Melayani Jasa Kepengurusan Ijazah SMU, S1 dan S2 TERPERCAYA sejak tahun 1996 .

    1. Kami membantu anda yang kesulitan :
    – Ingin kuliah tapi tidak ada waktu karena terbentur jam kerja
    – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
    – Drop out takut dimarahin orang tua.
    – IPK jelek, ingin diperbaiki
    – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
    – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
    – Dll.

    2. JASA KAMI
    Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
    SARJANA (S1, S2)..
    Hampir semua perguruan tinggi kami punya
    data basenya.

    UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
    UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
    UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
    UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
    UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
    UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
    UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
    AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
    UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
    INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
    STIE SUKABUMI YAI
    ISTN STIE PERBANAS
    LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
    STIMIK UKRIDA
    UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
    UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
    UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
    UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
    UNIVERSITAS SAHID DLL

    3. DATA YANG DI BUTUHKAN
    Persyaratan untuk ijazah :
    1. Nama
    2. Tempat & tgl lahir
    3. KTP + Foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke email kami.
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
    9. Semua data di email ke: 085736927001.KU@GMAIL.COM
    10. Pembayaran adimistrasi 50% di depan,sisa saat serah terima pesanan.
    11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE / TIKI / POS INDONESIA

    4. Biaya – biaya

    SD = Rp. 4.000.000

    SMP = Rp. 4.000.000

    SMA = Rp. 4.000.000

    D3 = 6.000.000

    S1 = 8.000.000

    S2 = 20.000.000

    S3 / Doktoral Rp. 35.000.000
    (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)

    D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 10.000.000
    (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)

    S1 Dokter. Rp. 30.000.000

    5. Kelebihan Jasa Kami

    Jaminan Ijazah yang sah
    Legal
    Terakreditasi
    Terdaftar di kampus dan diknas (Bukan Ijazah Aspal)
    Aman untuk daftar CPNS / Caleg/ CaBup
    Tenang untuk melanjutkan ke Jenjang Pendidikan yg lebih tinggi S1/S2/S3
    Bisa ikut wisuda (Khusus Paket Wisuda)
    Tidak takut di cek di kampus bersangkutan karena benar-benar TERDAFTAR
    Sudah termasuk biaya pembuatan Skripsi/ tugas akhir / Tesis

    6. Fasilitas yang Kami Berikan

    Ijazah, Transkrip Nilai & Legalisir NIM (No Induk Mahasiswa) & No Seri Ijazah yang terdaftar
    di Kopertis/DIKNAS &Universitasnya. Dijamin KEASLIAN ijazah,
    transkrip dll kerana semuanya dikerjain oleh Universitasnya sendiri.
    Ijazah S1/S2 Yang DIJAMIN ASLI & TERDAFTAR DI Kopertis/Diknas & Universitas.
    Ijazah juga semua ada akreditasi dengan BAN-PT.
    Undangan wisuda resmi dari kampus ( Khusus Paket Wisuda) .

    www.pintuwisuda.blogspot.com

    www.ijazahs1.blogspot.com

    www.pembuatanijazahpalsu.blogspot.com

    Untuk tanya jawab silahkan anda kirim email ke 085736927001.ku@gmail.com atau silahkan anda sms ke : 085736927001 .

    ReplyDelete