Benang Stokel dan Benang Kelambu Lombok

by - 11:39:00 pm

Assalamualaikum,
Akhir-akhir ini pariwisata dan tour trip sepertinya lagi “HIP” banget ya? Apalagi semenjak adanya Instagram, hampir semua pulau di Indonesia jadi nge-trend banget. Banyak anak muda yang bela-belain explore tempat yang jauh-jauh demi mengisi feed instagram,  tapi ada juga yang memang demi menyalurkan naluri petualang mereka. Saya mungkin termasuk salah satunya, tapi saya sepertinya lebih diantara kedua tipe itu. Soalnya kalo dibilang demi feed instagram, saya malah jarang foto kalo lagi ngetrip, kalaupun moto pasti yang di post di Instagram dikit, ya paling 2 sampe 3 foto. Tetapi, kalau dibilang anak petualang ya nggak juga. Saya emang nikmatin banget kalau lagi ngetrip, sejauh apa juga hajar, walaupun sedikit banyak suka takut sama medan yang curam (maklum perempuan, naik motor lagi). Tapi alasan paling mendasar ya semua kehalang restu orang tua. Yaps, Ibuk saya orangnya parnooooo banget, jangan pernah berharap diberi izin keluar buat jalan-jalan jauh. Saya mau kerumah temen lama-lama aja suka diomel pulangnya hiks beda banget sama si Bapak ya selalu ngijinin pergi sejauh apa asal pulangnya jangan lewat jam maghrib.

Tapi, beberapa waktu yang lalu saya sempat curi-curi waktu buat jalan-jalan sama temen-temen kampus. Iya, sekarang saya udah jadi anak kuliah meskipun badan saya masih anak SD J setelah diskusi panjang mau kemana, akhirnya diputuskan buat pergi ke Air Terjun Benang Kelambu dan Benang Stokel. Saya sendiri ke tempat ini sudah 2 kali sebelumnya. Pertama untuk perpisahan Pesantren Dinniyah SMP, dan yang kedua perpisahan kelas X SMA (perpisahan menuju penjurusan IPA IPS).

Benang Stokel ada di daerah Aik Bukak, Lombok Tengah. Perjalanan dari Mataram sampe ke Jalan Besar di Aik Bukak sekitar 1 jam dengan sepeda motor, di lanjutkan melewati jalan kecil yang nggak kecil-kecil banget sekitar tiga puluh menit. Sampe di benang stokel, ternyata semua udah bagus. Mulai dari masuknya ada parkir yang aman, ada pos untuk daftar pendakian. Saya baru tau kalau Benang Stokel ini juga trek pendakian Gunung Rinjani, salah satu gunung tertinggi di Indonesia. Saya lupa berapa tiket masuknya, kemungkinan 2000/orang atau 5000/motor. Dari parkiran kita bisa jalan lewatin jalan setapak dan nurunin anak tangga buat ke Air Terjun Benang Stokel sekitar 10 menit. Jalannya sudah bagus, meski harus cukup hati-hati karena kalau musim hujan suka becek. Di bawah, ada beberapa berugak untuk duduk-duduk, ada juga jembatan dari beton yang menjadi jalan ke air terjunnya. Tempat ini pernah ada di episode Anniversary My Trip My Adventure waktu Vicky sama Bibi-nya Ruben.


Karena tujuan utama kami adalah Benang Kelambu, jadi kami melanjutkan perjalanan dan hanya foto sebentar di Benang Stokel. Perjalanan ke Benang Kelambu sekitar 20 menit menyusuri hutan dari Benang Stokel. Hati-hati licin! Dulu jalannya agak panjang dan banyak rintangan, sekarang sudah lumayan mudah untuk disusuri dan jadi lebih singkat walaupun naik-turunnya berasa banget alias lebih curam. Kelambu artinya Gorden atau Tirai dalam Bahasa Sasak, jadi Air Terjun Benang Kelambu itu air terjun yang jatuhnya lembut banget, menyerupai benang-benang dan membentuk gorden. Benang Kelambu udah bagus sekarang, udah banyak renovasi demi kenyamanan pengunjung. Inget ya, jangan buang sampah sembarangan! Yang buang kena denda kalau disini, jadi kalau abis makan buang ke tong sampah atau masukin lagi dalam tas ;)









Setelah puas mandi (buat yang laki) dan foto-foto buat kami para wanita, akhirnya kami naik lagi karena takut pulangnya kesorean. Di tengah hutan sempat istirahat karena ada yang muntah, kecapekan. Termasuk saya yang ngos-ngosan abis. Bukan karena kejauhan, jalannya singkat tapi naik-nya ketinggian terus licin karena waktu itu musim hujan, dan memang saya yang anaknya jarang olahraga. Jangan takut di tengah hutan bakal serem dan sepi, di sana banyak pedagang yang menjual minuman, makanan, kopi untuk sekedar menghangatkan tubuh dan kadang ketemu si Onyet juga kalau beruntung.

Pukul tiga kami balik, tapi mampir dulu ke Rumah Opi, teman kami satu kelas. Ini enaknya kuliah, teman banyak nggak cuman dari Mataram, tapi dari berbagai kota dan daerah. Jadi kalau kesana kemari bisa mampir-mampir. Buat kamu yang diluar yang mau liburan ke Lombok, jangan sungkan untuk kontak saya ya! Kalau ada waktu, saya pasti temenin!;) sampe ketemu di Lombok, xoxo

Wassalamualaikum,
E M A 

You May Also Like

13 comments

  1. Replies
    1. iya unik gitu, lebih bagus kalo foto dari pemandian dibawah air terjun, tapi kemarin nga sempat karena keramaian huhu
      hayo kapan-kapan main ke Lombok ;)

      Delete
  2. jadi pengen liburan kesana nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayooooo buru tiket promo ke Lombok :-D
      dengan seneng hati nanti ku temani di Lombok :3 tapi hati-hati kalo ke Lombok, ntar ga mau pulang hehehe

      Delete
    2. Syukur alhamdulillah saya ucapkan kepada ALLAH karna atas kehendaknya melalui MBAH RAWA GUMPALA saya sekaran sudah bisa buka toko sendiri dan bahkan saya berencana ingin membangun hotel dan itu semua berkat bantuan MBAH RAWA GUMPALA,saya tidak pernah menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini,atas bantuan MBAH RAWA GUMPALA yang telah memberikan nomor selama 3x putaran dan alhamdulillah itu semuanya tembus bahkan beliau juga membantu saya dengan dana ghaib dan itu juga benar benar terbukti,MBAH RAWA GUMPALA juga menawarkan minyak penarik kepada saya dan katanya minyak ini bisa digunakan untuk berbagai jenis keperluan dan baru kali ini saya temukan paranormal yang bisa dipercaya,,bagi teman teman yang ingin dibantu untuk dikasi nomor yang benar benar terbukti tembus atau dana ghaib dan kepengen ingin membeli minyak penarik silahkan hubungi MBAH RAWA GUMPALA di 085316106111 ini benar benar terbukti nyata karna saya sendiri yang sudah membuktikannya. BUKA BLOG MBAH RAWA GUMPALA

      Delete
  3. Nama tempatnya lucu, Benang Stokel. :D
    Oh, jadi ini termasuk treknya? Berarti udah deket sama Gunung Rinjani? Aaakkkk, pengin ke sana. :3

    Asyik dong jadi orang Lombok? Banyak tempat-tempat wisata? Di Jakarta yang banyak mal. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kak, unik yang ngasi nama :D
      iya kak, kata plang yang ada depan pos pendaftaran sih gitu, saya juga lumayan kaget waktu tau ini trek ke Rinjani. kyknya lebih lama kalo lewat sini :o
      Ayo main ke Lombok, refreshing. disini bangunannya masih dikit lagi pembangunan, pantainya yang banyak :D tapi ya gitu kak, ati ati ntar ngga mau pulang haha

      Delete
  4. Wah udah banyak yang di renov ya Ma? Jadi prngen kesana, udh 2 tahun gak kesana.
    Btw temanmu baju hitam namanya siapa?
    #salahfokus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaaa udah bagus benang kelambu-nya, tapi jalannya agak melelahkan walaupun makin pendek :")
      Bidadari Bekasi tuh rul, tapi jangan ada yang ganggu. udah taken 4 taun wkwk :P

      Delete
  5. Keren curug'a seger deh pastinya main air disana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tapi airnya dingin bangeeettt bikin ngga berani nyentuh :")

      Delete
    2. nama'a juga curug mba, air'a pasti dingin

      Delete
  6. SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259

    ReplyDelete