15 Tahun NTB di Mata Saya

Lima belas tahun sudah saya bernafas dikota tercinta ini. Lima belas tahun pula kota ini sudah menjadi pendamping setia saya. Dan sejak lima belas tahun itulah, saya cinta sekaligus bangga pada NTB ini!

Daerah kecil yang berada ditengah Indonesia. Jika anda bertanya, inilah provinsi terindah menurut saya. Sebuah provinsi yang mampu membuat saya takjub akan alam dan segalanya isinya. Takjub akan karunia Tuhan yang sangat indah untuk dunia ini. Takjub akan sejuta pesona paronamanya,takjub akan beribu keindahan yang memang sudah bukan sebuah janji seperti pada kampanye sebuah partai politik, tapi inilah faktanya! NTB mampu menghipnotis siapa saja. Anda tidak percaya? Jika berani datang saja. NTB menantang anda.
pantai bom/ampenan  *fotopribadi*

senggigi beach *fotopribadi*


Indah tidak mampu  melukiskan NTB ini. Decak kagum tidak mampu menggambarkan eksotisnya daerah ini. Dan kemudian orang bertanya, apakah seorang anak labil seperti saya bangga menjadi anak NTB? Bukankah anak remaja yang haus akan hiburan seperti saya, pada nyatanya lebih suka menghina NTB? Saya akui itulah faktanya, kurangnya fasilitas untuk hiburan remaja, banyak sarana yang masih kurang dimata mereka, membuat mereka gengsi untuk mengatakan bangga menjadi warga NTB. Namun itu tidak berlaku jika anda bertanya pada saya. Tentu saja jawabanya adalah, saya sangat bangga menjadi anak NTB! Mengapa? Tidak ada satu katapun yang mampu menjelaskan alasan saya.

Inilah kota kelahiran saya. Kota yang telah membesarkan saya. Kota yang telah membuat saya  mampu untuk menulis kata-kata ini. Dan saya berkata pada diri saya “saya hidup disini, dari daerah ini, untuk daerah ini”. Memang saya mengakui bahwa saya belum mencurahkan karya untuk NTB tercinta, tapi percaya pada saya, suatu saat NTB juga akan bangga memiliki saya.

Hidup di daerah NTB dengan backsound suara gendang beleq yang super indah dan ekstra beleq membuat saya bertahan mendengar cacian orang akan NTB saya ini. Mengkritik boleh saja, tapi jika menghina, saya sarankan berkacalah dulu anda. NTB memang tidak sempurna, tapi selalu mencoba untuk menjadi yang luar biasa. Dan untuk apa menghina? Lebih baik kita berkarya untuk NTB tercinta.

Namun ada yang masih menjadi kesedihan saya, yaitu pendidikan. Sudahkah saudara saya yang berada di pelosok desa mendapatkan pendidikan yang layak? Sudahkah saudara saya yang berada nan jauh dari kota mendapatkan sarana yang layak? Dan saya berharap jawabannya adalah iya, mereka telah mendaptkan apa yang mereka layak dapatkan. Sering kita lihat di tv, begitu banyak anak Indonesia, yang sangat ingin bersekolah, namun harus melewati jalanan yang sangat panjang untuk bisa mencapai sekolah. Dan saya berharap di usia NTB yang ke-53 ini, keadaan itu bisa hilang secara perlahan. Bukan hanya murid yang perlu di perhatikan, tapi gurunya juga. Sungguh banyak guru yang telah berkorban di NTB ini, namun belum mendapatkan balasan yang seimbal. Semoga kedepannya, NTB bisa menjadi yang lebih baik. Amin!

Banyak harapan yang saya inginkan untuk NTB tercinta, tapi susah untuk dituliskan. Mungkin tindakanlah yang mampu untuk menjelaskan. Teman-temanku, saudaraku, ibuku, bapakku, inilah NTB. Daerah yang bangga memiliki kita. Dan tentunya kita juga harus bangga hidup di NTB ini. Oleh karena itu, mari kita membangun NTB bersama, menuju NTB yang luar biasa.

Bangga bukan berarti tertawa lalu mengabaikan, bangga bukan berarti hanya dari ucapan. Bangga yang sesungguhnya adalah melalui tindakan. Inilah NTB, kehidupan kita, harapan kita. Semoga NTB semakin jaya dari kita dan untuk kita.
Nusa Tenggara Barat
Tiga kata penuh makna
Disinilah kehidupan indah saya ada
Bangga adalah satu kata dari saya untuknya
Sejuta pesona mampu menghipnotis mata
NTB tidak sempurna tapi luar biasa!

Doa saya semoga NTB bisa menjadi yang terbaik di dunia, melalui karya remaja seperti saya dan teman-teman, saudara, ataupun siapa saja yang merasa bangga akan NTB ini. Mari kawan, kita buat daerah kebanggan kita menjadi yang terbaik dimana saja. Pemerintah memang ada, tapi ini semua tidak sepenuhnya urusan mereka. Akan lebih baik jika peran kita juga ada. Kata bangga melalui ucapan kita akan menjadi sia-sia jika tidak ada tindakan yang memberi makna. Selamat Ulang Tahun yang ke-53 NTB tercinta! Tetaplah menjadi yang luar biasa dimata saya dan dimata dunia. NTB jaya dari kita dan untuk kita semua!



Share:

0 comments